Senin, 27 Februari 2017

Tips Untuk Mendapatkan IP Cumlaude

Hello guys,

Disini aku akan berbagi tips untuk mendapatkan ip cumlaude atau menurut peraturan di kampusku itu diatas 3,51. Tips ini aku tulis berdasarkan pengalamanku sendiri yang selama kuliah 4 semester ini. Aku adalah mahasiswa semester 4 pendidikan seni musik di sebuah universitas negeri. Oke, lets check this out.

1. Tetapkan Tujuan

Sebelum kuliah, kalian harus tetapkan tujuan kalian kuliah tuh mau ngapain sih. Karena masing-masing orang kuliah kan punya tujuan masing-masing. Ada yang kuliah cuman karena pengin nyari pacar, disuruh ortu, bosen di rumah, atau mungkin daripada nganggur di rumah, dan ada juga karena emang bener-bener pengin menuntut ilmu yang lebih tinggi untuk masa depan yang lebih baik (Halah, apaan sih). Kalo kalian udah punya tujuan nih, kalian tinggal pikirin aja apa yang akan kalian lakukan buat mencapai tujuan tadi. Misalnya nih, kalian punya tujuan buat kuliah dan dapet ip cumlaude terus sampe lulus nanti, ya kalian harus susun strateginya.

2. Fokus 

Setelah kalian netapin tujuan, kalian tuh harus fokus sama tujuan kalian. Misalnya, kalian udah punya tujuan kaya yang udah aku sebutin di atas, nah tiba-tiba mulai muncul masalah lain yang biasa timbul dalam dunia remaja yaitu suka sama lawan jenis nih dan menurut kamu gara-gara dia ngebuat kamu ga fokus sama tujuan kamu. Mendingan sih menurut aku ga usah pacaran dulu ya, daripada pacaran malah mengubah tujuan yang udah kamu tetapin sebelumnya. Tapi kalo malah jadi pemacu semangat kamu sih ga papa ya. So, semuanya bergantung sama keputusan kalian sih. Karena dunia kuliah itu dunia yang penuh godaan, kalo salah mengambil keputusan kamu bisa menyesal.

3. Masuk Kuliah 

Kuliah itu beda sama sekolah, kalo di sekolahan kamu ga masuk pasti dicariin gurunya dan kadang kalo udah beberapa hari ga masuk didatengin  guru ke rumah trus ditanya kenapa ga berangkat. Nah, di dunia kuliah itu beda, mau kamu masuk kek, ga masuk kuliah karena liburan ke Hawai seminggu, ga bakal ada yang datengin ke rumah dan nyuruh kamu buat masuk kuliah lagi. Karena di dunia kuliah itu kita dianggap udah dewasa dan semua keputusan yang kita ambil harusnya bisa dipertanggungjawabkan. Selama perkuliahan kampus tuh punya kebijakan sendiri, contohnya di kampus aku yang mengharuskan mahasiswanya buat menghadiri kuliah seenggaknya 75% dari kehadiran dosen. Dan kalo bolosnya lebih dari 3 kali, secara otomatis sistem perkuliahan online akan menghapus kamu, dan waktu dosen mau upload nilai udah ga bisa. Jadi, rajin-rajinlah berangkat kuliah. Kalo menurut aku ga bener-bener sakit yang serius atau acara yang penting banget sih mending  tetep berangkat. Karena kan kasian orang tua kalian yang udah bayarin kuliah dengan banting tulang sekuat tenaga dan kalian malah kuliahnya awur-awuran.

4. Perhatian

Perhatian yang dimaksud disini adalah waktu dosen lagi ngajar di kelas usahain kamu sepenuhnya memperhatihan apa yang dia omongin, jangan sampai pikiran kamu melayang-layang entah kemana dan waktu dosennya tiba-tiba nanyain kamu, kamu bingung mau jawab apa. Oiya satu lagi usahain kalo lagi kuliah jangan mainan hape, karena itu tuh bakalan mengalihkan perhatian kamu.

5. Posisi Duduk

Usahakan buat duduk paling depan, karena apa? Kadang tuh ada dosen yang lebih memperhatikan anak-anak yang duduk paling depan, dan biasanya kalo duduk paling depan juga ga enak sih karena sering banget buat ditembakin pertanyaan sama dosen. Tapi kalo duduk di depan seenggaknya sih mencegah buat ngantuk (menurutku sih), selain itu juga biar dikenal sama dosen, hehe. Siapa tau kan dosen bakalan ngasih nilai yang bagus karena kamu suka duduk paling depan. Duduk di tengah juga ga papa sih yang penting kalian tetep mudeng apa yang dosen omongin. Yang penting jangan duduk paling belakang karena kan dosen punya image yang buruk sama anak yang suka duduk dibelakang. Dan biasanya kalo duduk dibelakang paling besar godaannya.

6. Mencatat

Catatlah setiap materi yang diajarkan dosen, karena manusia kan biasanya lupaan apalagi mahasiswa pikirannya banyak. Kecuali kalo kalian punya memori yang kuat banget. Dengan mencatat juga akan membantu daya serap kalian sama mata kuliah tersebut.

7. Latihan

Karena aku adalah mahasiswa seni musik yang sebagian besar kuliahnya itu praktek. Dan disini setiap mahasiswa buat bisa presentasi main musik setiap minggu. Dan latihan yang rutin sangat diperlukan disini biar semakin ciamik prakteknya. Karena kan practice make perfect.

8. Belajar

Belajarlah sebelum kuliah atau setelah kuliah, belajarnya dengan mereview materi yang udah dikasih sama dosen dan browsing tentang materi tersebut di google buat menambah pengetahuan kamu, jadi ga malu-maluin kalo tiba-tiba ditanya sama dosen. 

9. Membaca

Membaca buku yang berhubungan sama materi yang lagi diajarin juga penting, karena menambah pengetahuan kamu tentang materi tersebut, dan juga bisa buat bahan untuk berdebat sama dosen.

10. Berani Bertanya

Kalo kamu belum paham sama materi yang lagi diajarin langsung tanyakan ke dosennya. Karena dosen juga suka kalo ada mahasiswa tanya ke dia, yang menandakan ada yang memperhatikan materi yang diajarkannya. Selain itu, dengan bertanya juga dosen akan semakin hafal sama kalian karena dianggap siswa yang aktif, dan siapa tahu juga bakalan dikasih nilai bagus.

11. Berdoa

Selain usaha keras yang kamu lakukan, kalian juga harus inget kalo ada Tuhan yang campur tangan sama hidup kalian. Jadi jangan songong, berdoalah sebelum memulai segala sesuatu.

11. Lakukan

Semua tips yang udah aku bagiin ga bakalan ada artinya kalo ga kamu lakuin. Dan inget ngelakuinnya bukan cuma seminggu, dua minggu, tapi butuh keuletan selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sampe hasilnya terlihat nyata.

Oke, sekian tips dari aku semoga bermanfaat, dan tetap kejar mimpi kalian. Karena kalian harus bangun dan bekerja keras biar mimpi kalian tercapai. Selamat berjuang !!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar